MAJU TERUS PENYULUH PERTANIAN

Sabtu, 28 Agustus 2010

CERAMAH




PENGERTIAN
Metode ceramah merupakan salah satu metode penyuluhan yang dilakukan melalui tutur kata atau penjelasan lisan oleh penyuluh langsung kepada petani atau sasaran. Metode ini digunakan untuk menyampaikan pesan, informasi, penjelasan dan atau uraian tentang suatu teknologi pokok bahasan atau masalah secara lisan.

KELEBIHAN METODE CERAMAH

  1. Penyuluh mudah menguasai kelas
  2. Dapat diikuti oleh jumah yang banyak
  3. Relatif mudah menyiapkan dan melaksanakannya
  4. Sangat efektif untuk mengenalkan materi atau teknologi baru
  5. Teknik ceramah yang baik sangat mendukung tercapainya penyerapan dan pemahaman yang optimal terhadap materi penyuluhan
  6. Teknik ceramah yang baik, akan efektif digunakan pada jam-jam yang melelahkan


KELEMAHAN TEKNIK PRESENTASI

  1. Sulit mengetahui tingkat pengertian dan pemahaman setiap peserta terhadap materi yang disampaikan
  2. Pernyataan lisan kadang-kadang sukar ditangkap, sehingga sering menimbulkan salah pengertian dan beda penafsiran
  3. Retensi penyerapan informasi atau materi lambat dan kurang
  4. Peserta penyuluhan relatif pasif
  5. Jumlah petani yang terlalu banyak seringkali menyebabkan hilang kontrol ketika penyuluhan berlangsung


LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN

A. PERSIAPAN CERAMAH

  1. Tetapkan tema penyuluhan dan tujuan yang akan dicapai
  2. Tentukan dan kuasai pokok-pokok materi yang akan disuluhkan
  3. Siapkan alat bantu dan alat peraga yang diperlukan
  4. Pastikan alat pengeras suara berfungsi dengan baik


B. PELAKSANAAN

  1. Menyampaikan salam pembuka
  2. Melakukan pemecahan kebekuan atau pencipaan iklim belajar
  3. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
  4. Mengemukakan pokok-pokok materi yang akan dibahas dengan ringkas dan jelas
  5. Melakukan tanya jawab perdana dengan memancing pengalaman peserta yang relevan dengan materi yang akan dibahas untuk mempermudah pemahaman


C. PENYAJIAN MATERI

  1. Materi disampaikan secara lisan, sistematis sesuai dengan pokok-pokok bahasan yang telah ditetapkan
  2. Usahakan agar peserta berkonsentrasi tinggi selama penyuluhan berlangsung
  3. Hindari penyampaian yang berbelit
  4. Beri kesempatan peserta untuk berpikir dan layani tanya jawab
  5. Usahakan memperoleh umpan balik dari peserta
  6. Hidupkan suasana dengan humor, dinamika kelompok, permainan dan penampilan yang dinamis serta keakraban yang kekeluargaan dengan peserta selama penyuluhan berlangsung


D. PENUTUP

  1. Buka kesempatan untuk tanya jawab sebelum ceramah diakhiri
  2. Motivasi peserta untuk menyimpulkan
  3. Lakukan evaluasi penilaian akhir untuk mengetahui pencapaian tujuan
  4. Sampaikan salam penutup


HAL YANG PERLU DILAKUKAN SELAMA KEGIATAN CERAMAH

  1. Sebelum penyajian pastikan bahwa semua materi dikuasai dengan baik
  2. Lakukan pemecahan kebekuan untuk mencairkan suasana
  3. Edarkan pandangan mata ke seluruh penjuru
  4. Jangan terpaku pada alat bantu dan alat peraga penyuluhan
  5. Jika menggunakan alat peraga jangan halangi pandangan peserta kepada materi yang diragakan atau disajikan
  6. Selingi penyajian dengan humor sopan, permainan atau bernyanyi bersama
  7. Biarkan peserta menginterupsi ketika ceramah sedang berlangsung
  8. Jangan emosional dalam menanggapi peserta yang berperilaku kurang menyenangkan atau mengajukan pertanyaan yang sifatnya menguji


HAL YANG PERLU DIHINDARI SELAMA CERAMAH

  1. Jangan menggumamkan kata-kata yang tidak jelas
  2. Usahakan tidak menggunakan bahasa asing
  3. Jangan menggunakan bahasa daerah yang di-Indonesiakan
  4. Jangan menggunakan istilah yang rancu atau tidak tepat


USAHA-USAHA MENGEFEKTIFKAN CERAMAH


  1. Penyuluh harus menunjukkan penguasaan materi baik dalam gerak maupun dalam penyajian
  2. Penggunaan metode ceramah hendaknya dikombinasikan dengan metode lain secara bervariasi seperti tanya jawab, diskusi, permainan , atau tugas
  3. Gunakan berbagai alat bantu dan alat peraga penyuluhan yang menarik
  4. Terapkan petunjuk atau prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa
  5. Kaitkan topik yang dibahas dengan kondisi kehidupan petani sehari-hari
  6. Selalu mengkondisikan suasana belajar-mengajar yang akrab penuh kekeluargaan


2 komentar:

I hope that if you later become the field of agricultural extension agents could be like the father of a versatile and knowledgeable in the delivery of the material is perfectly understood by the listener

Hidup adalah belajar, tak pernah ada yang sempurna, meski kita selalu menginginkan kesempurnaan

Posting Komentar